The Master menuai Kritik dari Cubers

Tentang kompetisi Rubik’s cube
Dalam dunia Rubik’s cube dan twisty puzzle, ada beberapa kategori yang disebut sebagai ‘event’. Yakni adu cepat (menyelesaikan dalam waktu tercepat) untuk puzle berukuran 2x2x2,3x3x3,4x4x4, dan 5x5x5 selain itu ada One Handed (menyelesaikan rubik dengan satu tangan), dan Blindfolded (menyelesaikan dengan mata tertutup) serta Multi Blindfolded (Menyelesaikan lebih dari satu rubik dengan mata tertutup). Masing masing memiliki peraturan resmi yang diatur oleh World Cube Association.

Kalau bisa dibilang Penipuan maka ini adalah Penipuan. Lihat bagaimana Host dan Dedy menyatakan bahwa pertandingannya dengan Abel menggunakan aturan berstandar Internsional. Ini penyesatan fakta ke Publik. Mari Kita lihat seperti apa peraturan internasional yang dia langgar. Ada banyak namun disini kita bagi dalam 3 kategori:

Bagian Adu Blindfold Solve tersebut sama sekali tidak berstandar internasional. Tidak seperti yang di koar koarkan pembawa Acara. Here it is:
1. Dalam regulasi resmi internasional, seseorang cuber menggunakan rubiknya sendiri yang terlebih dahulu dipastikan keabsahannya sebagai sebuah rubik yang tidak direkayasa. Dalam acara tadi, dua duanya berasal dan di acak oleh panitia (orangnya dedy) dengan skema warna barat (white opposite yellow), Sementara jika kita lihat dalam cuplikan sebelumnya ABEL Brata menggunakan Japanese Color Scheme (White opposite Blue). Perbedaan skema warna ini sangat fatal, terlebih, ini blindfolded dimana orang menghafalkan warna…. Dan lagi, software computer yang seharusnya digunakan untuk mengacak adalah Cube Explorer sementara dalam acara tersebut, yang tertampang di laptop adalah sebuah game simulasi rubik (bukan scrambler atau timer).

2. Regulasi Internasional mengharuskan juri harus menaruh selembar kertas diantara muka solver dan cube. Minimal menaruhnya dalam waktu random. Yang dalam acara the Master sama sekali tidak dilakukan, dan memungkinkan salah satunya ngintip dari balik blindfold (penutup mata). Jika kamu ragu, pakailah penutup mata seperti itu, dan kamu akan kaget betapa sesungguhnya ngintip itu mudah. Oiya regulasi ini diperketat sejak ada seseorang yang ketahuan curang dalam kompetisi dunia (if you’re a cuber, you know who it was)

3. Regulasi resmi Internasional mengitung waktu keseluruhan dengan cara memulai timer sejak cuber diperkenankan melihat cube dan diakhiri pada saat cuber selesai melakukan solve dan membuka penutup matanya sendiri. DAlam acara tersebut, sepanjang waktu Abel direcokin oleh cewek disampingnya yang selalu maksain Abel pake penutup mata. Dan seperti kita lihat, timer berjalan seenaknya sendiri. Oiya, timer yang seharusnya digunakan adalah ‘stackmat timer’.

Metode yang dilakukan Abel
Metode blindfold solving yang dilakukan abel adalah murni metode blindfolded yang dilakukan cuber dunia, yakni “3 cycle OP”. Anda bisa mempelajarinya dari situs Http://www.cubefreak.net. Selain itu masih ada metode lain seperti ‘classic pochmman’ (digunakan hermansyah), dan M2 ( saya gunakan).

Trik Dedy Corbuzier yang dilakukan (anda yang menilai sendiri kebenarannya)
Trik sulap berjudul Rubiks Remember oleh Mark Elsdon (dijual dalam bentuk DVD)
Link : http://www.trickshopmagic.com/dvdrubikremembered.html
Demo di Youtube (persis seperti dedy) : http://www.youtube.com/watch?v=9_6Fi…eature=related
Dan ini yang menarik:
Diskusi tentang trik sulap ini oleh para PESULAP
http://www.themagiccafe.com/forums/v…8&forum=109&37
Diskusi tentang trik sulap ini oleh para SPEEDCUBER
http://www.speedsolving.com/forum/showthread.php?t=8240

Sumber di dapat dari Mr. Virkill. di  http://www.virkill.com

Advertisements

12 Comments

  1. Salam kenal dari Surabaya juga. Sebelum nya saya juga mau menyanggah atas pernyataan diatas. Bahwa regulasi yang di gunakan bener bener kurang dari standart internasional. Bahwa pertandingan BLD alias Blindfolded alias tutup mata yang berstandart internasional waktu di anggap berjalan setelah kubus rubik di angkat oleh pemain itu sendiri, dan dalam hitungan waktu internasional memorizing the cube dan waktu mainin cubenya itu di itung total. Jadi bukan sewaktu hanya di mainkan saja dan memorizing nya tidak di itung. Dan selesai atau tidak nya pada saat seseorang yang memainkan cube rubik tergantung seseorang tersebut untuk menghentikan waktu nya sendiri “Stackmat Timer” yang di gunakan di pertandingan cuber itu sendiri. Bukan di suruh berhenti oleh orang selain pemain itu sendiri. Dan satu lagi dalam BLD seseorang harus melakukan memorasi untuk mensolving itu semua untuk menjadi satu kesatuan utuh butuh konsentrasi tinggi, jangan di “recokin” oleh crew nya deddy itu sendiri, kenapa yang deddy nya sendiri kok ndak di recokin? (sekali lagi maaf) itu lah pertanyaannya? Karena dalam BLD itu sendiri “hak2” speedcuber dalam melakukan BLD itu dia yang tutup mata nya sendiri setelah di yakini dirinya sendiri untuk bisa mensolve cube nya. Jangan dipaksa untuk menutup seperti yang di lakukan oleh host dan crew the master. Dan satulagi yang saya bikin saya kecewa dengan acara deddy vs abel brata yaitu bahwa host mengatakan bahwa abel tidak mengikuti “intruksi” nya. Sekali lagi buat host acara the master tersebut untuk mengklarifikasi teguran tersebut karena abel brata ahli dalam bidang nya dan tidak untuk ndak mengerti intruksi itu sendiri. Tetapi kamu sendiri yang gak ngerti itu peraturan (pesen buat host “the master”). Sekali lagi maaf buat fans fans mas deddy, karena saya sendiri juga fans berat deddy. Tapi saya juga ndak mau melihat “ketidak adilan” itu terjadi tanpa memberikan sanggahan atas klarifikasi di atas.

  2. Salam kenal.
    Saya penghobi nonton acara acara sulap juga browes di youtube. Tapi pas nonton The master,tentunya banyak sisi bisa dikomentari,meskipun mungkin pihak pihak team the master tidak ngintip komentar2 kita.
    Dari segi hiburan “cukup” mendobrak media.Bayangin acara show sulap 4 jam !! (termasuk jeda iklan) … Bila kita melihat masa masa jaya dunia sulap …. pesulap mana di indonesia yang brani “gila” bikin ulah sperti deddy. dulluuuu …. ngebom dengan sendok bengkok “meskipun” itu sdh ada sejak Jadul. swepi sepi sepi eehhhh prediksi koran …… sepi sepi ehhh…. naik dinding … sekarang ? bikin the master. dilihat dari sukses promo baguslah…dilihat dari aturan … mmhhhh … dilihat dari idol idolan …mmmhhhh …. laluuuu …… Ayo kita kita ini bikin apa yang bisa menyentuh orang2 pemegang merk untuk membiayai ulah ulah kita …m mari kita bersatu Visi membangun impian …KITA JUGA BISA. (kemarin perusaan top 1 bikin keluar duwit) …. di surabaya ada sampoerna ada IBM ada banyak lagi…. BRAVO IBM 321

  3. @Teguh Lawanto
    Benar sekali pendapat anda. Dan jangan sungkan-sungkan berekpresi di komunitas kami. Saya jamin komunitas sulap kami anggotanya fair semua, berpikir besar, dan bisa melihat kebenaran dalam bias kenyataan!

  4. Pak Jerry bantu ngisi2 juga yah di forum MINDS, terutama pengetahuan pak Jerry tentang balloon dan ventri…apalagi kalo ada acara internasional di Indo, soalnya info ventri dan balloon sangat kurang. Sy cuma dapat info dari pak Budi Haha.

    Info acara sulap di Jakarta, Magic cafe senin 9 februari akan menghadirkan pesulap escapologist Wolflock dari afrika selatan mulai jam 19.00. Show gratis, lecture charge 250.000.

    Mengenai cubers, terlepas dari pertandingan DC dg Abel, sy rasa nilai posiifnya adalah membangkitkan permainan rubik di Indonesia. Kebetulan tadi sempat kontak dengan Mr Virkill di Jogya, luar biasa pengetahuannya. Sy jadi pengen belajar…he he langsung pesan rubik deh…

  5. @Halim..

    Halo, apa kabar, the Great Halim? wah terima kasih atas kunjungannya di komunitas kita.

    Wah, secepatnya saya akan update berita di magic cafe dalam blog ini.

    Oh ya.. untuk tgl 15 februari, apakah juga di adakan lecture juga oleh Andre Cole..? Maklum kita2 orang daerah yang sempit dengan info internasional…

    Mohon dibantu juga untuk info tersebut..

  6. Salam kenal juga dengan pak Paulus…mudah2an makin sukses dengan IBM nya, kalo nanti sy ke surabaya akan sy sempatkan untuk bertemu dengan pak Paulus dan pak jerry…mau sowan…

    Kalo ada info2 uptodate akan sy kabari melalui blog ini.

    Sukses buat Komsensus…sukses buat seni sulap juga!

  7. saya sangat tidak suka sekali sama penampilan dedy sangat2 sombong dan neg melihatnya sy tdk konsisten melihatnya dan sy lebih suka sama master romy R. dia kalau menilai logis dan masuk akal kalau dedy hrs sama dgn dia mana mukin??? dia dedy harus melihat waktu dia belajar dulu. sy melihat bkn di ind sy dari malaysia .

  8. …..HARAP BACA ….INI FAKTA TENTANG DEDY…..
    SEMBELUMNYA KITA JUGA HARUS INGAT KLO DEDY ITU BUKAN CUMA PESULAP NAMUN JUGA MAGICIAN. NAMANYA MAGIC UDAH TENTU PUNYA “PREWANGAN” ATO JIN YG TELAH ADA PERJANJIAN ANTARA KEDUANYA DENGAN SI MAGICIAN.ATO MUDAHNYA DEDY UDAH JADI BUDAK JIN ENTAH APA TEBUSANNYA ATO TUMBALNYA. KAYAK DAVID COPERPIL….YG JUGA PAKE JIN. GAK ADA ORANG BIASA BISA TERBANG SEENAKNYA KECUALI DIBANTU JIN. KECUALI BEBERAPA NABI YG EMANG DIBANTU MALAIKAT BUKAN JIN SEIJIN TUHAN.
    NAH….KLO CUMAN MAIN RUBIK AJAH TUH SI DEDY DITUTUP MATANYA LANTAS RUBIK DIACAK LALU GAK PAKEK SESI INSPECTION RUBIK SKALIPUN DIA BISA SELESAIKAN. ….NGGAK PERCAYA?…..
    AYO KITA BUKTIIN AGAR SEMUA CUBER INDONESIA RAME2 TANTANG REVAN TUH DEDY AMA ABEL LAGI. NTAR KLO DEDY MENANG TANPA SESI INSPECTION JUSTRU DI KELIHATAN BODOHNYA DIDUNIA RUBIK YG NGANDALIN JIN DAN JUGA MEMBODOHI PENONTON. KLO DIA KALAH MAKA DIA CUMA BERLAGAK DOANK…..SOK MANUSIAWI…LALU WAKTU DIA DEMO JALAN DIATAS AIR ATO MENGILANG DARI MANA KLO BUKAN JIN YG BERPERAN.
    SATU LAGI TENTANG GRAND MASTER UTUT SI RAJA CATUR INDONESIA…..
    DIA KOAR2 BISA NGALAHIN…..NGGAK MUNGKIN….DISANA JIN JUGA PUNYA PERAN MAIN CURANG……CARI VIDEO DI YOUTUBE……
    KLO EMANG DIA BISA NGALAHIN SI MASTER OM UTUT KNAPA KAGAK IKUT EVENT INTERNASIONAL BAWA NAMA BANGSA INDONESIA…..SOALE DI EVENT KLAS INTER KAGAK ADA YG NAMANYA JIN NGEBANTU MALAH DILARANG….DISANA MANUSIA VS MANUSIA. DEDY IKUT EVENT CATUR NASIONAL AJA KAGAK….EMANG SBENARNYA OTAKNYA KAGAK MAMPU…..MAMPUNYA MEMBODOHI PENONTON.
    JADI DEDY TUH BUKAN GRAND MASTER APALAGI MASTER CUBER PAKEK BLINDFOLD LAGI…..
    DIA TUH CUMA PREMAN GAME DI ACARA ACARANYA……
    SEKIAN TRIMS….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s