Rubiks Puzzle Mewabah

Rubik puzzle ada permainan lama yang tidak akan punah oleh masa . Siapa yang tak kenal benda kotak ini? Sedikit orang yang belum pernah menyentuhnya.

erno cube fingers.ashx Ditemukan oleh Ernő Rubik,Budapest pada tahun 1974, tujuannya adalah membuat bentuk geometri 3 dimensi. Setelah itu, pada tahun 1980 rubik cube dalam nama lain “magic cube” akhirnya dijual bebas, dan sudah telah terjual 300 juta rubiks tersebar di seluruh dunia.

Masa kini

Sempat booming pada tahun 2006-2007 (klik disini untuk melihat cupikannya) dimana permainan ini di di tayangkan dalam film layar lebar dengan pemeran nya Will Smith (Persuit of Happiness). Dalam makna dan pesan film tersebut, Will Smith menerapkan sebuah pesan mental positif bahwa, dalam hidup ini kita tidak boleh mengatakan “tidak bisa” tapi digantikan dengan mental positif “Yes, I can” (baca: aku bisa). Dalam akhir scne itu darubik ditangan pemeran film Man in Black pula itu terpecahkan. Dan, broker dan pengemudi taksi (yang juga memegang rubik) terkesima!

Tidak hanya di film, anda pun bisa

Nah, sekarang ini, setelah  penayangan acara interaktif show RCTI, perdana the master, rubik seperti muncul kembali di Indonesia, dan tersebar luas di kalangan anak muda sampai dewasa pun. Alasannya juga sederhana, ingin memecahkan tantangan, melatih kinerja otak (agar tidak aus oleh rutinitas kerja), dan ingin menarik perhatian sang pujaan hati, *seppp!!!*

Mudah dan siapa pun bisa

Cara dan teknik yang digunakan adalah sama: menggunakan logaritma  dan putaran tertentu, anda terjamin bisa menyelesaikan, bahkan anak kecil 3 tahun pun sanggup memainkannya. Penulis sediri masih mempelajari teknik ini dan saat ini average time yang dicapai adalah 45 detik.

Bahkan, para cuber-sebutan pemain rubik- di Solo dan Jogja, yang mayoritas terdapat banyak klub-klub rubik, menyelesaikan rubik dalam kurun waktu 20 detik adalah hal biasa. Memang, metodenya yang mereka gunakan sedikit berbeda dengan anda. Kebanyakan mereka menggunakan metedo F2L (first two layer)menyelesaikan  dua layer sekaligus, di kombinasi dengan 2 look OLL(orientation last layer) serta disempurnakan dengan PLL (permutation last layer) Mungkin, anda masih menggunakan metode layer by layer.

Tapi, semua itu pasti bisa anda lakukan. Hal yang membuat anda tidak bisa adalah bila anda tidak mempunyai rubik-nya 😦 lol. Referensi saya, anda dapat memebelinya disini. Atau anda juga dapat membeli langsung di www.rubiks.com.

Saya punya tapi koq keset?

Pernyataan itu yang sering penulis dengar dari beberapa rekan.

Memang, puzzle yang anda dapatkan adalah sebuat kotak plastik yang tidak diperuntukan untuk speedcuber.  Tapi, boleh lah hanya sekedar bermain-main dengannya.

Jika anda mendapatkan rubik original (penulis juga menjualnya) maka anda tidak perlu dan frustasi dalam memutar setiap sisi-sisinya. Selain di design sebagai kenyamana, kualitas plastiknya juga terbuat dari bahan khusus. Alhasil, awet serta tahan lama. Kecuali hilang!!!

Sampai disini dulu ulasan tentang rubik. Penulis akan menyambungnya di posting berikutnya.

Advertisements

5 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s